ORIENTASI KML
ORIENTASI KML
I. DASAR PEMIKIRAN
1. Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka
Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang
selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh
orang lain.
2. Orang dewasa mau belajar bilamana :
a. Ia mau,
b. Ia senang dengan materinya,
c. Ia memerlukan dalam kehidupannya, dan bagi
fungsi, peran, tugas dan tanggung jawabnya,
d. Ia merasa diuntungkan,
sehingga untuk membelajarkan
orang dewasa tidak segampang seperti Guru mengajar muridnya di kelas.
II. TUJUAN
Mengkondisikan para peserta kursus
untuk siap mengikuti pembelajaran dalam kursus yang akan diikuti, dengan cara
memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina
Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya lewat kepramukaan serta memotivasi
mereka untuk melibatkan diri dalam proses kegiatan KML.
III. SASARAN
Setelah mengikuti Orientasi, Peserta
mampu :
1. membuka diri untuk dapat mengikuti dan
menerima masukan-masukan baik dari Pelatih maupun dari sesama Peserta Kursus;
2. berperan aktif dalam proses pembelajaran;
3. bekerja dan bergiat dalam kelompok
pembelajaran dengan baik dan kompak ;
4. berintegrasi secara positif pada semua
kegiatan yang tersajikan dalam kursus.
IV. PELAKSANAAN ORIENTASI KURSUS
1. Orientasi Kursus diberikan oleh Ka.Lemdika
atau Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih.
2. Materi Orientasi Kursus
a. Keputusan Ka.Kwarnas No.090 Tahun 2001,
Lampiran III tentang KML.
b. Apa,
mengapa, sasaran, tujuan, dan bagaimana KML
c. Kebutuhan Pembina Pramuka agar dapat
memerankan dirinya sebagai Pembina Pramuka yang baik.
d. Bagaimana Peserta Kursus memerankan dirinya
dalam Kursus yang menggunakan pendekatan Andragogis yang interaktif progresif
(Progressive Interactional Learning Proses)
V. WAKTU : 1 X 45
menit.
No comments:
Post a Comment